Total Tayangan
Popular Posts
-
Jawablah pertanyaan dibawah ini : 1. Jelaskan pengertian dari metaphors? Jawab : Pernyataan Kias yang digunakan untuk menyam...
-
Pertama kalinya UNIX ditemukan di Bell Laboratory ( juga dikenal sebagai Bell Labs dan sebelumnya dikenal sebagai AT ...
-
Ergonomi merupakan ilmu yang menitikberatkan pada pembahasan mengenai manusia sebagai elemen utama dalam suatu sistem kerja. Banyak ...
-
Piranti output 1. Monitor Jenis monitor Dengan perkembangannya yang sangat pesat, saat ini terdapat tiga jenis teknologi moni...
-
Peranti masukkan tekstual dapat dikatakan merupakan peranti masukan standar yang dijumpai pada semua komputer (Keyboard).Keyboard merupa...
-
SENSOR SUHU LM35 1. Pendahuluan Sensor suhu LM35 adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi untuk mengubah besaran su...
-
SEJARAH INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER DALAM BIDANG SOSIOLOGI · 1842: Istilah Sosiologi sebagai cabang Ilmu Sosial di...
-
Buat dokumen baru dengan cara masuk ke menu File>New ( Ctrl+N ) Aktifkan Polygon Tool (tekan keyboard Y )...
-
Telah diketahui bahwa informasi merupakan salah satu sumber daya yang sngat diperlukan bagi managemen dalam pengambilan keputusan .Untuk m...
-
Membuat kalkulator sederhana menggunakan Java Netbeans cukup mudah. Karena program yang di tulis tidak terlalu rumit, tapi memang ...
Blog Archive
Find Us On FB
Rabu, 13 November 2013
Soal Metavora Verbal
Jawablah pertanyaan dibawah ini :
1. Jelaskan
pengertian dari metaphors?
Jawab : Pernyataan Kias yang digunakan
untuk menyampaikan suatu konsep abstrak yang sulit difahami.
2. Jelaskan
pengertian dari metafora verbal?
Jawab : Adalah perbandinganyang dilakukan
oleh seseorang saat menemui atau memakai teknologi baru.
3. Sebutkan
satu contoh dari metafora Verbal!
Jawab: saat
orang baru pertama kali menggunakan pengolah dokumen, maka yang pertama
muncul dibenaknya adalah seberapa besar kemiripannya dengan mesin ketik.
4. Sebutkan
elemen-elemen metafolra verbal !
Jawab : Keyboard, Spasi, dan Tombol return
5. Jelaskan
pengertian dari relasi antar elemen!
JAwab : meliputi “hanya satu tombol
karakter dapat ditekan pada satu saat”, dan “penekanan tombol karakter akan
menghasilkan satu huruf akan ditampilkan pada monitor”
6. Sebukan
perintah dalam (internal command) yang tidak memerlukan berkas dalam
pengerjaannya!
Jawab: EXE atau .COM tertentu (ex:DIR, CLS) dan perintah luar (external command) yang memerlukan suatu berkas .EXE atau
.COM tertentu (ex.FORMAT, DELTREE).
7. Sebutkan
keuntungan penggunaan dialog dalam penyampaian informasi!
Jawab : cepat, efisien, akurat, ringkas,
luwes, insiatif oleh pengguna, appealing
8. Sebutkan
kerugian penggunaan dialog dalam penyampaian informasi!
Jawab : Memerlukan pelatihan yang lama,
membutuhkan penggunaan yang teratur, beban ingatan yang tinggi, jelek dalam
mengganti masalah.
9. Sebutkan
2jenis system menu dalam sebuah program!
*
Jawab : sistem menu datar
*
sistem
menu tarik (pulldown) yang berbasis pada struktur hirarki pilihan
(struktur pohon pilihan).
10. Jelaskan
pengertian dari teknik dialog pengisian barang!
*
Jawab : Teknik dialog pengisian barang (form-filling dialogue) merupakan
suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisian barang dalam kehidupan
sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan pada suatu bentuk barang yang ada di layar komputer yang mereka
gunakan.
Perlman membuat perbedaan antara
menu dan barang.
11. Jelaskan pengertian dari window?
Jawab : jendela (window) adalah bagian dari layar yang digunakan
untuk menampilkan suatu informasi.
12. Jelaskan pengertian dialog berbasis
bahasa pemrograman!
Jawab : Dialog berbasis bahasa pemrograman merupakan ragam dialog yang
memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah ke dalam suatu berkas
yan sering disebut dengan batch file. Contoh dBASE
13. Jelaskan
pengertian dari film fiksi ilmiah!
*
Jawab : Film fiksi ilmiah adalah komunikasi antara manusia dengan komputer
lewat suatu bahasa ucapan yang secara jelas memanfaatkan bahasa alami (natural
language).
14. Jelaskan
pengertian interaksi antarmuka berbasis alami!
Jawab : adalah kemampuan
membedakan/menterjemah kalimat pada dua arah yang berbeda.
15. Sebutkan
contoh interaksi antarmuka berbasis alami !
*
Jawab : Ketika manusia memberikan instruksi, sistem penterjemah harus
menerjemahkan instruksi tersebut ke dalam format instruksi lain yang dapat
dimengerti oleh komputer.
*
Sebaliknya,
ketika komputer akan memberikan jawaban, sistem penterjemah harus mampu menterjemahkan
format instruksi komputer menjadi pesan yang dimengerti oleh manusia.
16. Jelaskan
pengertian dari ragam dialog interaktif system menu!
Jawab : Sistem menu merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan
fasilitas yang dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada pengguna.
17. Sebutkan
beberapa contoh menu interaktif system menu!
*
Jawab : sistem menu datar
*
sistem
menu tarik (pulldown) yang berbasis pada struktur hirarki pilihan
(struktur pohon pilihan).
18. Jelaskan
pengertian dari dialog berbasis bahasa pemrograman!
*
Jawab ; Dialog berbasis bahasa pemrograman merupakan ragam dialog yang
memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah ke dalam suatu berkas
yan sering disebut dengan batch file. Contoh dBASE
19. Jelaskan
masalah dalam perancangan dengan pendekatan metafora!
*
Jawab : Masalah dalam perancangan dengan
pendekatan “metafora sebagai model” adalah bagaimana menggabungkan
fungsi-fungsi tambahan yang bukan merupakan bagian dari metafora, namun akan
membuat aplikasi menjadi lebih kuat (powerfull).
20. Jelaskan
tentang dialog antarmuka berbasis icon!
*
Jawab : Sejalan dengan penggunaan simbol-simbol
dan tanda-tanda pada kehidupan sehari-hari, antarmukapun sering memanfaatkan
simbol-simbol dan tanda-tanda ini untuk memberitahu pengguna akan kemampuan dan
fasilitas yang dimiliki suatu program aplikasi.
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
0 komentar:
Posting Komentar