Total Tayangan

Popular Posts

Find Us On FB

Rabu, 13 November 2013

Soal Metavora Verbal



Jawablah pertanyaan dibawah ini :
1.       Jelaskan pengertian dari metaphors?
Jawab : Pernyataan Kias yang digunakan untuk menyampaikan suatu konsep abstrak yang sulit difahami.
2.       Jelaskan pengertian dari metafora verbal?
Jawab : Adalah perbandinganyang dilakukan oleh seseorang saat menemui atau memakai teknologi baru.
3.       Sebutkan satu contoh dari metafora Verbal!
Jawab: saat  orang baru pertama kali menggunakan pengolah dokumen, maka yang pertama muncul dibenaknya adalah seberapa besar kemiripannya dengan mesin ketik.
4.       Sebutkan elemen-elemen metafolra verbal !
Jawab : Keyboard, Spasi, dan Tombol return
5.       Jelaskan pengertian dari relasi antar elemen!
JAwab : meliputi “hanya satu tombol karakter dapat ditekan pada satu saat”, dan “penekanan tombol karakter akan menghasilkan satu huruf akan ditampilkan pada monitor”
6.       Sebukan perintah dalam (internal command) yang tidak memerlukan berkas dalam pengerjaannya!
Jawab: EXE atau .COM tertentu (ex:DIR, CLS) dan perintah luar (external command) yang memerlukan suatu berkas .EXE atau .COM tertentu (ex.FORMAT, DELTREE).
7.       Sebutkan keuntungan penggunaan dialog dalam penyampaian informasi!
Jawab : cepat, efisien, akurat, ringkas, luwes, insiatif oleh pengguna, appealing
8.       Sebutkan kerugian penggunaan dialog dalam penyampaian informasi!
Jawab : Memerlukan pelatihan yang lama, membutuhkan penggunaan yang teratur, beban ingatan yang tinggi, jelek dalam mengganti masalah.
9.       Sebutkan 2jenis system menu dalam sebuah program!
*        Jawab : sistem menu datar 
*        sistem menu tarik (pulldown) yang berbasis pada struktur hirarki pilihan (struktur pohon pilihan).
10.   Jelaskan pengertian dari teknik dialog pengisian barang!
*        Jawab : Teknik dialog pengisian barang (form-filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisian barang dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan pada suatu bentuk barang  yang ada di layar komputer yang mereka gunakan.
Perlman membuat perbedaan antara  menu dan barang.
11.   Jelaskan pengertian dari window?
Jawab : jendela (window) adalah bagian dari layar yang digunakan untuk menampilkan suatu informasi.
12.   Jelaskan pengertian dialog berbasis bahasa pemrograman!
Jawab : Dialog berbasis bahasa pemrograman merupakan ragam dialog yang memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah ke dalam suatu berkas yan sering disebut dengan batch file. Contoh dBASE
13.   Jelaskan pengertian dari film fiksi ilmiah!
*        Jawab : Film fiksi ilmiah adalah  komunikasi antara manusia dengan komputer lewat suatu bahasa ucapan yang secara jelas memanfaatkan bahasa alami (natural language).
14.   Jelaskan pengertian interaksi antarmuka berbasis alami!
Jawab : adalah kemampuan membedakan/menterjemah kalimat pada dua arah yang berbeda.
15.   Sebutkan contoh interaksi antarmuka berbasis alami !
*        Jawab : Ketika manusia memberikan instruksi, sistem penterjemah harus menerjemahkan instruksi tersebut ke dalam format instruksi lain yang dapat dimengerti oleh komputer.
*        Sebaliknya, ketika komputer akan memberikan jawaban, sistem penterjemah harus mampu menterjemahkan format instruksi komputer menjadi pesan yang dimengerti oleh manusia.
16.   Jelaskan pengertian dari ragam dialog interaktif system menu!
Jawab : Sistem menu merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada pengguna.
17.   Sebutkan beberapa contoh menu interaktif system menu!
*        Jawab : sistem menu datar 
*        sistem menu tarik (pulldown) yang berbasis pada struktur hirarki pilihan (struktur pohon pilihan).
18.   Jelaskan pengertian dari dialog berbasis bahasa pemrograman!
*        Jawab ; Dialog berbasis bahasa pemrograman merupakan ragam dialog yang memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah ke dalam suatu berkas yan sering disebut dengan batch file. Contoh dBASE
19.   Jelaskan masalah dalam perancangan dengan pendekatan metafora!
*        Jawab : Masalah dalam perancangan dengan pendekatan “metafora sebagai model” adalah bagaimana menggabungkan fungsi-fungsi tambahan yang bukan merupakan bagian dari metafora, namun akan membuat aplikasi menjadi lebih kuat (powerfull).
20.   Jelaskan tentang dialog antarmuka berbasis icon!
*        Jawab : Sejalan dengan penggunaan simbol-simbol dan tanda-tanda pada kehidupan sehari-hari, antarmukapun sering memanfaatkan simbol-simbol dan tanda-tanda ini untuk memberitahu pengguna akan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki suatu program aplikasi.

0 komentar:

Posting Komentar